Jumat, 20 April 2012

Apa itu Industri , Sentra, Klaster, dan OVOP ??

INDUSTRI
Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi, barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.

SENTRA INDUSTRI
Richardson, 1971 sentra industri merupakan pengelompokan industri sejenis dalam suatu kawasan
Becattini, mendefinisikan sentra industri sebagai wilayah sosial yang ditandai  dengan adanya komunitas manusia dan perusahaan, dan keduanya cenderung  bersatu.

KLASTER
SCHMITZ, 1997:  Klaster didefinisikan sebagai grup perusahaan yang berkumpul  pada satu lokasi dan bekerja pada sektor yang sama.
MICHAEL PORTER, 2000:  Klaster adalah kelompok perusahaan yang saling  berhubungan, berdekatan secara geografis dengan institusi-  institusi yang terkait dalam suatu bidang khusus karena  kebersamaan dan saling melengkapi.
Kementerian Koperasi dan UKM, menunjukkan pengertian klaster  sebagai kelompok kegiatan yang terdiri atas industri inti, industri terkait, industri  penunjang, dan kegiatan-kegiatan ekonomi (sektor-sektor) penunjang dan terkait  lain, yang dalam kegiatannya akan saling terkait dan saling mendukung.

Faktor-faktor pembentuk klaster disebut sebagai Diamond  Model, yang terdiri dari faktor input, kondisi permintaan,  industri pendukung dan terkait, strategi perusahaan dan  pesaing. Kondisi di Indonesia ditambahkan modal sosial.

OVOP/OTOP
One Village One Product (OVOP) pertama kali diterapkan di kota kecil Oita di Jepang.  Di Thailand   mengadopsi OVOP dengan nama One Tambon One Product (OTOP) pada dasarnya adalah suatu konsep atau  program untuk menghasilkan satu jenis komoditas atau produk unggulan yang berada  dalam suatu kawasan tertentu. Pengertian kawasan dalam hal ini bisa meliputi suatu  areal wilayah dengan luasan tertentu seperti wilayah kecamatan (tambon).  Secara konseptual, model OTOP maupun OVOP identik dengan konsep Agro-Ecological  Zone (AEZ) atau Perwilayahan Komoditas Unggulan yang juga mengarahkan suatu  kawasan tertentu untuk menghasilkan satu atau beberapa jenis komoditas pertanian dan  industri  unggulan.

1 komentar:

  1. Daerah saya tinggal sedang giat-giatnya pemberdayaan kakao sob, kayaknya Pemda Kami lagi menerapkan OVOP..

    BalasHapus